Menu

Mode Gelap
Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF Bupati Bungo H. Mashuri Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK RI Gubernur Jambi Al Haris Serahkan SK PPPK Sebanyak 1.860 Peringati Hardiknas 2024, Dandim 0416/Bute : Komitmen TNI Terus Dukung Pembangunan Pendidikan Seluruh Penjuru Negeri Bupati Bungo bersama Ratusan Warga gelar Nobar Pertandingan Timnas Indonesia U-23

POLITIK · 29 Mar 2023 07:30 WIB ·

Hasbi Anshory, Anggota DPR-RI : Empat Pilar Kebangsaan Menjadi Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara


 Hasbi Anshory, Anggota DPR-RI : Empat Pilar Kebangsaan Menjadi Pedoman Kehidupan Berbangsa dan Bernegara Perbesar

MUARABUNGO,BUNGOPOST.COM– Anggota DPR RI dari Fraksi NasDem Dapil Jambi H. Hasbi Anshory, SE. MM, menggelar sosialisasi empat pilar kebangsaan di Aula Kantor DPD Partai NasDem Kabupaten Bungo, Senin (27/3/2023).

Kegiatan itu menjadi sarana untuk menegaskan kembali empat pilar yang menjadi pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Hasbi Anshory mengatakan kegiatan empat pilar kebangsaan adalah program regular yang digagas MPR RI, secara berkala anggota MPR diberi kesempatan untuk mensosialisasikan kegiatan tersebut.

“Empat pilar kebangsaan perlu dimengerti, kalau dulu zaman orde baru ada P4, sekarang sudah tidak ada sehingga rakyat ada yang sampai hilang jati dirinya sebagai bangsa Indonesia,” ungkap Legislator kelahiran Mersam ini.

Politisi yang menjabat sebagai Sekretaris DPW NasDem Provinsi Jambi ini juga memaparkan langsung materi empat pilar dihadapan sekitar 200 undangan yang hadir.

“Hari ini saya menyampaikan materi tentang empat pilar kebangsaan yaitu Pancasila, UUD 1945, NKRI dan Bhineka Tunggal Ika,” katanya.

Menurutnya, sebagai anak bangsa kita punya Pancasila yang mempunyai prinsip bahwa Pancasila adalah azaz tunggal pandangan hidup kita sebagai pedoman berbangsa dan bernegara.

“Refleksinya hari ini, semakin hari semakin terkikis dengan arus globalisasi. Kita sekarang dihadapkan problem benturan peradaban. Ada peradaban yang menginginkan Indonesia berganti haluan dari Pancasila menjadi khilafah dan sebagainya,” terangnya.

Menurutnya, dalam sejarah berdirinya negara adalah sebuah kompromii kebangsaan dari berbagai suku, agama, etnis dan sebagainya. Oleh karena itulah kompromi kebangsaan ini yang harus kita jaga bersama sampai sekarang.

“Kegiatan empat pilar kebangsaan yang kita selenggarakan ini semoga menjadi hal penting, agar kita tidak kehilangan sebagai bangsa yang mempunyai Pancasila, UUD 1945, Bhineka Tunggal Ika, NKRI, menjadi panduan kita hidup berbangsa dan bernegara,” ucapnya.

Hasbi Anshory menyebutkan, dengan berpedoman empat pilar kebangsaan maka gerakan radikalisme yang semakin tajam di Indonesia bisa dikendalikan dengan baik. Selain itu, terkait tujuan berbangsa dan bernegara yang masih belum tercapai seutuhnya.

“Karena itu perlu penyadaran kembali bahwa negara ini dibangun dengan kotrak politik sesuai UUD 1945 khususnya pada pembukaan. Tujuan berdirinya negara ini adalah untuk melindungi segenap bangsa, memberikan kesejahteraan umum, mencerdaskan kehidupan bangsa, dan ikut serta dalam menciptakan ketertiban dunia,” jelasnya.

Kegiatan sosialisasi empat pilar kebangsaan ini selain dihadiri oleh Ketua DPD Partai NasDem Kabupaten Bungo Jumiwan Aguza, SM, juga dihadiri anggota DPRD Bungo dari Fraksi NasDem, para Ketua DPC NasDem se-Kabupaten Bungo, Ketua GPND, Ketua Garnita Malahayati, tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, mahasiswa serta para Bacaleg NasDem.

Dipenghujung acara diadakan acara santunan anak yatim piatu, aksi bagi-bagi takjil, buka puasa bersama dan dilanjutkan sholat Maghrib berjama’ah. (red)

Artikel ini telah dibaca 15 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jumiwan Aguza Mengambil Formulir Pendaftaran Bacabup di Kantor DPC PDI Perjuangan

20 Mei 2024 - 16:26 WIB

Jumiwan Aguza Kembalikan Berkas Pendaftaran ke Kantor DPC PKB Bungo

11 Mei 2024 - 07:15 WIB

Siap Bertarung pada Pilkada Mendatang, Kadis Pertanian Hasbi Ambil Formulir Cakada Kabupaten Bungo

18 April 2024 - 05:47 WIB

35 Anggota DPRD Bungo Terpilih Diisi Pendatang Baru Incumbent Hanya 11 Orang, Berikut Nama-namanya

6 Maret 2024 - 13:58 WIB

Peserta Lomba O2SN/FLS2N Tingkat Kecamatan Rantau Pandan Tahun 2024 Sangat Antusias

6 Maret 2024 - 13:51 WIB

Prabowo Targetkan Kemenangan 85% di Jambi

10 Januari 2024 - 15:25 WIB

Trending di POLITIK