Menu

Mode Gelap
Siap Bertarung pada Pilkada Mendatang, Kadis Pertanian Hasbi Ambil Formulir Cakada Kabupaten Bungo Polisi Ungkap Penyebab Satu Keluarga Tewas Dalam Mobil di Limbur Muara Bungo Mantan Pj Bupati Tebo H. Aspan Kembali Diperiksa Terkait Dugaan Gratifikasi Izin PT APN Nikmati Liburan Anda ke Semagi Waterpark dengan Wahana Viral Saat ini Rainbow Slide dan Cinema 4d Tinjau Pos Arus Mudik, Bupati Bungo: Kalau Lelah Istirahat, Posyan Beri yang Terbaik Bagi Pemudik

NASIONAL · 10 Nov 2022 02:58 WIB ·

Kapolda Jambi Menjadi Pemateri Kegiatan FGD dan Memberi Arahan tugas Bhabinkamtibmas di Lapangan


 Kapolda Jambi Menjadi Pemateri Kegiatan FGD dan Memberi Arahan tugas Bhabinkamtibmas di Lapangan Perbesar

JAKARTA,BUNGOPOST.COM – Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono hadiri dan menjadi pemateri pada kegiatan Focus Group Discussion (FGD) hasil penelitian dengan Tema “Optimalisasi Peran Satker Binmas dalam Implementasi tugas-tugas Preemtif “.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Hotel Aryaduta Menteng, Jakarta pada Rabu (09/11/22). Turut hadir pada kegiatan tersebut Komisioner Kompolnas RI Irjen Pol. (Purn). Pudji Hartanto Iskandar, Dosen STIK-PTIK Dr. Yundini Husni Djamaluddin, Dosen Tetap Pasca Sarjana Universitas Pelita Harapan Dr. Ermus Sihombing, para peserta FGD Anggota Kompolnas dan Bhabinkamtibmas.

Pelaksanaan kegiatan tersebut dilakukan guna berdiskusi dan memberi arahan kepada Bhabinkamtibmas tentang bagaimana memaksimalkan perannya untuk mengayomi dan melindungi masyarakat.

Pada kesempatan tersebut, selaku pemateri Kapolda Jambi memberikan berbagai arahan di antaranya tentang bagaimana cara optimalisasi dan implementasi tugas Bhabinkamtibmas di lapangan.

” Ada dua jenis cara optimalisasi dan implementasi tugas dan peran Kepolisian yaitu pemolisian konvensional dan pemolisian kontemporer. Secara konvensional yaitu dengan lebih mengedepankan gakkum dan bersifat reaktif, sedangkan secara kontemporer harus lebih mengedepankan pencegahan, pro aktif, problem solving, kemitraan dan menunjukkan bahwa kita adalah Ikon keamanan dan rasa aman “, jelas Kapolda Jambi.

Selain itu disebutkan juga oleh Kapolda Jambi bahwa Bhabinkamtibmas juga harus bisa mengedepankan prinsip moralitas dan profesionalitas yaitu dengan, menyadari bahwa keberadaannya sejajar dengan masyarakat yang dilayani, memahami kebutuhan akan keamanan dan rasa aman, sering melakukan dialog, keberadaannya bisa diterima dan didukung, berperan sebagai polisi adalah penolong dan menunjukkan Ikon kedekatan dan persahabatan.

” Jika Bhabinkamtibmas mampu menampilkan dan menunjukkan dengan nyata hal itu semua kepada masyarakat binaannya, masyarakat tentu akan semakin erat berhubungan dengan Polri dan tingkat kepercayaannya akan semakin tinggi, sehingga memudahkan kita untuk bekerjasama dan berkoordinasi dengan masyarakat “, ujar Kapolda Jambi.

Usai Kapolda Jambi memberikan materi pada acara tersebut, dilanjutkan dengan pemberian materi oleh narasumber lainnya dan diakhiri dengan pemberian plakat dan foto bersama.

Artikel ini telah dibaca 2 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Bulog Manfaatkan Fleksibelitas Harga Gabah dan Beras untuk Serap Produksi Dalam Negeri

5 April 2024 - 17:05 WIB

Pangdam II/Sriwijaya Pimpin Pengamanan Kunker Presiden RI Joko Widodo

3 April 2024 - 15:27 WIB

Simak Disini! Sesuai PP No 14 Tahun 2024, THR dan Gaji ke-13 PNS akan Cair pada

23 Maret 2024 - 16:59 WIB

Kapolda Jambi Irjen Pol. Rusdi Hartono Mengikuti Rapim TNI-Polri di Cilacap

28 Februari 2024 - 16:44 WIB

Presiden Jokowi Apresiasi Peran Pers di Puncak HPN 2024

21 Februari 2024 - 08:29 WIB

Mengenal Sirekap Pemilu, Alat Bantu KPU Rekapitulasi Hasil Suara

15 Januari 2024 - 03:55 WIB

Trending di NASIONAL