Menu

Mode Gelap
Ditpolairud Polda Bali Siagakan Dua Kapal dan Tiga Helikopter Amankan KTT WWF Bupati Bungo H. Mashuri Kembali Terima Penghargaan Opini WTP dari BPK RI Gubernur Jambi Al Haris Serahkan SK PPPK Sebanyak 1.860 Peringati Hardiknas 2024, Dandim 0416/Bute : Komitmen TNI Terus Dukung Pembangunan Pendidikan Seluruh Penjuru Negeri Bupati Bungo bersama Ratusan Warga gelar Nobar Pertandingan Timnas Indonesia U-23

BUNGO · 6 Jun 2022 06:29 WIB ·

Jelang Pilrio 15 Juni Mendatang, 124 Calon Rio di Bungo Menandatangani Ikrar Deklarasi Damai


 Jelang Pilrio 15 Juni Mendatang, 124 Calon Rio di Bungo Menandatangani Ikrar Deklarasi Damai Perbesar

MUARABUNGO,BUNGOPOST.COM – Jelang pemilihan Rio (Pilkades) serentak pada tanggal 15 Juni mendatang, seluruh calon Datuk Rio/Kepala Desa menyatakan menandatangani ikrar deklarasi damai, Senin (06/05/2022).

Kegiatan deklarasi damai pilrio berlangsung di ruang pola Kantor Bupati Bungo, disaksikan oleh Wakil Bupati Bungo H.Safrudin Dwi Aprianto,S.Pd Anggota DPRD Bungo, Dandim 0416 Bute Letkol Inf. Arianto Maskare Subagio, Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro Kejari Bungo, Ketua pengadilan negeri dan pengadilan agama Bungo, Sekda Bungo, Staf ahli Bupati, Asisten, Kadis PMD, para Kapolsek,Para Camat, serta para calon Datuk Rio yang mengikuti pilrio serentak.

Pilrio serentak dijadwalkan berlangsung 15 Juni 2022 mendatang yang diikuti sebanyak 42 Dusun (Desa) dalam wilayah Kabupaten Bungo dengan total calon Rio 124 orang untuk 16 kecamatan yang mengikuti pilrio serentak.

Wakil Bupati Bungo H.Safrudin ketika diwawancarai mengatakan, hari ini kita melaksanakan kegiatan deklarasi ikrar damai Pilrio serentak.

Insya Allah tanggal 15 Juni 2022 mendatang Pilrio serentak akan di laksanakan di 42 Dusun.

Wabup berharap dalam pelaksanaan Pilrio serentak nanti dengan aman lancar damai, dari awal sampai akhir penetapan Rio terpilih nantinya.

” Kita telah sepakati bersama silakan calon Rio untuk menyampaikan ide gagasan pada masyarakat program apa yang akan mereka tawarkan, sehingga nanti akan diberikan kepercayaan bagi masyarakat,” Ujar Wakil Bupati Bungo.

Tadi kita sudah sampaikan kepada mereka semua bahwa Pilrio ini Jangan jadikan lawan sebagai musuh didalam Pilrio serentak nantinya.

“Harapan kita bisa menciptakan situasi yang menyenangkan buat semua orang, jadi jangan sampai ada antara calon satu dengan calon lainnya, justru jadikan Pilrio ini mempunyai makna tersendiri,”Kata Wabup.

Wabup menambahkan kepada panitia juga kita minta bersikap netral objektif dan laksanakan dengan baik.

Wabup juga minta kepada seluruh calon rio minta dewasa dalam berpolitik dan sekali lagi kita semua punya tanggung jawab bersama untuk menciptakan suasana kondusif yang bagus,”Mintanya.

Selama Pilrio dilaksanakan mulai dari tahapan hingga penetapan, kami minta kepada TNI dan polri agar menjaga Pilrio ini secara aman dan damai agar yang tidak diinginkan akan tercapai.

Senada juga disampaikan oleh Kapolres Bungo AKBP Guntur Saputro.,S.Ik.,MH, kami bersama Pemerintah Kabupaten Bungo untuk mengumpulkan seluruh panitia serta calon Rio dan stakeholder terkait dengan persiapan menghadapi Pilrio serentak pada tanggal 15 Juni 2022.

“Kami juga untuk memastikan deklarasi ini untuk sepakat kita menyelenggarakan pesta demokrasi tingkat dusun ini,”Kata Kapolres.

Dalam deklarasi damai ini di hadiri sebanyak 80% Rio yang hadir dan 90% panitia yang hadir, mudah-mudahan ini sebagai salah satu keyakinan kita bahwa Pilrio nanti terselenggara secara damai dan aman.,”Ucap Kapolres.

Sementara itu Dandim 0416 Bute Letkol.inf, Arianto Subagio Maskare juga mengatakan, didalam persiapan Pilrio ini kita membagi tiga tahapan yakni tahapan pra pemungutan, tahapan pemungutan, dan pasca pemungutan.

Yang mana para calon Rio ini sebentar lagi akan memasuki masa kampanye, dan didalam masa tahapan tersebut TNI sendiri akan menerjunkan sebanyak 150 anggota untuk mengamankan mulai dari tahapan hingga pasca pemungutan suara yang tersebar didalam 16 kecamatan dalam Kabupaten Bungo,”Ucap letkol Inf. Arianto Subagio Maskare.

Selanjutnya para calon Rio menandatangani deklarasi damai dan diikuti oleh Wakil Bupati, Dandim 0416 Bute, Kapolres Bungo, Kejari Bungo, ketua DPRD Bungo, serta pengadilan negeri dan agama. (red)

Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Jumiwan Aguza Mengambil Formulir Pendaftaran Bacabup di Kantor DPC PDI Perjuangan

20 Mei 2024 - 16:26 WIB

Sederhana Tapi Meriah, SMPN 5 Bungo Gelar acara Pelepasan Kelas IX dan Perpisahan Guru

17 Mei 2024 - 17:15 WIB

JUMIWAN AGUZA Hadir Dalam Acara Kopdar IX dan Halal Bihalal KLKF

13 Mei 2024 - 16:39 WIB

Pendaftaran Cakada Independen Berakhir, KPU Bungo sebut Belum Menerima Berkas Untuk Pilkada 2024 Nanti

13 Mei 2024 - 01:29 WIB

Bupati Bungo bersama Ratusan Warga gelar Nobar Pertandingan Timnas Indonesia U-23

30 April 2024 - 01:15 WIB

Polres Bungo Gelar Nobar Timnas Indonesia Pada Semi Final AFC U-23

30 April 2024 - 01:02 WIB

Trending di BUNGO